Membaca buku merupakan kegiatan yang menyenangkan dan penuh akan manfaat. Namun terkadang jika membaca buku, mata kita mudah untuk lelah dan menyebabkan kantuk. Mungkin memang tidak semua orang bisa dengan cepat menuntaskan buku, tapi jika terlalu sering mengantuk bisa-bisa kita tidak kunjung selesai membacanya.

Jika kamu memiliki kesulitan untuk membaca buku karena kantuk yang datang, berikut ini kami akan menunjukkan beberapa tips yang dapat kamu coba lakukan agar terhindar dari kantuk ketika membaca buku.

Tips Membaca Buku Tetap Semangat

1. Pilih Buku dengan Tema yang Disukai

Untuk menjaga semangat kamu dalam membaca buku, yang terbaik untuk dilakukan adalah dengan membaca buku yang memang menarik minat kamu. Pasti ada buku tertentu yang kamu sukai, bukan? Maka cobalah baca buku yang memang kamu sukai temanya. Mulai dari cover, isi, sampai detail yang dapat membuat kamu penasaran. Ini termasuk dengan mempertimbangkan genre apa yang diminati. Mungkin tetap saja ada beberapa buku yang tidak sesuai dengan ekspetasi kita, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap mencoba mencari buku yang cocok.

2. Cari Tempat yang Nyaman

Suasana yang ada di sekitar kita ketika sedang membaca buku juga dapat membuat kita terhindar dari rasa mengantuk. Baca di tempat yang tepat dan dapat membuat kamu semangat dalam membaca. Selain itu jangan sampai ada banyak gangguan yang kamu temukan di sekitar, karena ini akan mengganggu fokus kamu dalam membaca. Pilih tempat yang sepi dan tenang, sehingga fokus menjadi lebih mudah terjaga. Atau mungkin kamu memang lebih suka tempat yang ramai tapi tidak berisik, sesuaikan dengan minat kamu.

3. Jauhkan Ponsel

Membaca buku memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tetapi tidak semua orang dapat membaca buku berlama-lama, karena tingkat fokus dari setiap orang berbeda. Salah satu yang membuat seseorang sulit untuk fokus adalah keberadaan ponsel. Biasa saat membaca, batin kita ingin terus memeriksa apa yang ada di dalam ponsel tersebut. Jangan sampai kamu lebih banyak membaca pesan di ponsel dari pada membaca buku, ini akan berakhir kamu kehilangan fokus dalam membaca.

4. Menandai Bagian yang Menarik dan Penting

Apakah kamu sering kali merasa ada beberapa kata-kata yang di dalam buku terasa keren dan bahkan menjadi favorit kamu? Cobalah mulai menandai buku jika buku tersebut memang milik kamu. Dengan menandai ini, akan lebih mudah untuk menemukan kembali halaman tersebut. Apalagi jika kamu menandainya dengan warna-warna yang unik. Hal yang dapat kamu tandai seperti quotes, pergantian bab, sampai ke konflik yang membuat kamu suka dengan buku tersebut.

5. Imajinasikan Apa yang Ada di Dalam Buku

Salah satu hal yang membuat buku terasa membosankan bagi sebagian orang adalah karena minimnya gambar di dalam buku tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut, cobalah untuk ikut merasakan sensasi dari buku tersebut. Coba pahami dan bayangkan mengenai apa yang terjadi di buku. Dengan demikian kamu akan lebih cepat menyelesaikan isi buku. Selain itu ini akan memberikan tantangan baru karena kamu juga semakin tertarik untuk membaca buku-buku selanjutnya. Salah satu topik rekomendasi untuk membayangkan seperti ini yang asyik adalah topik fantasi!

 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu coba lakukan untuk membuat kegiatan membaca menjadi lebih terasa menyenangkan.

Related Post