Manfaat Serai Wangi

Daftar 5 Khasiat Serai Bagi Tubuh, Termasuk bagi Orang Dengan Masalah Kolesterol Dan Gigi Berlubang

miamijaialai.org – Citronella atau serai wangi paling dikenal sebagai parfum atau pengusir nyamuk. Namun serai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi serai dengan aromanya yang manis mempunyai manfaat lebih dari sekedar penyedap makanan. Menurut Healthline, berikut beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan penggunaan serai.

1. Mencegah Kanker

Kandungan citral serai dikaitkan dengan efek anti kanker. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker atau membuat tubuh kebal terhadapnya, sehingga berkontribusi efektif dalam melawan kanker.

2. Menurunkan Tingkat Kolestrol

Serai telah lama dianggap sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi serai minimal 7 hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan bakteri Streptococcus mutans penyebab pembusukan. Hal ini menjadikan serai sebagai pilihan alami untuk mencegah infeksi mulut dan rongga.

4. Menurunkan Resiko Tekanan Darah

Saponin kalium dan antioksidan dalam serai membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Terapi pijat dengan menggunakan minyak atsiri serai juga dapat mengurangi stres penyebab tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Penyumbatan Pada Jantung

Antioksidan, terutama quercetin, pada serai dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah di jantung atau aterosklerosis. Meski manfaat serai sangat menarik, namun tetap penting untuk memperhatikan aturan konsumsinya. Mengonsumsi lebih dari satu cangkir teh serai per hari dapat menimbulkan efek samping. Sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengganti pengobatan Anda saat ini dengan serai.